Pengertian Dan Panduan Kerja HSA (Hill-Start Assist)

Mengulas Otomotif - Di eramodern saat ini para enginer dunia selalu berlomba-lomba buat menciptakanberbagai penemuan teknologi yg serba canggih. Kita tentunya mampu merasakanbegitu pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Sebagai contoh, teknologielektronik semisal gadget dan televisi tidak butuh waktu lama buat melakukanpenyempurnaan teknologi yang sangat drastis. Bahkan saking pesatnya inovasiteknologi ini sampai menciptakan kita menduga produk 10 tahun yang lalu sajasudah serasa produk yang sangat jadul.

Demikian juga halnya yang terjadi di dunia teknologi otomotif saat ini. Pabrikan mobilpun selalu berlomba-lomba buat membentuk fitur baru yang canggih. Tak heran bila produk otomotif terkini selalu dilengkapi beserta segudang fitur yg memanjakan. Bahkan Anda tidak perlu membeli mobil mahal buat mendapatkan bermacam-macam fitur. Karena mobil murah pun sekarang mempunyai banyak fitur yang terbilang cukup lengkap jika dibandingkan bersama produk otomotif terdahulu. Semua ini dilakukan semata-mata demi memperoleh kemudahan hidup.


Salah satu fitur penting dalam dunia otomotif yg akan kita bahas kali ini adalahfitur HSA (Hill-Start Assist). Tetapi terdapat juga yang menyebutnya bersama nama HSC(Hill-Start Assist Control). HSA merupakan sebuah fitur keamanan yang diterapkanpada sistem pengereman mobil yg bisa mempermudah pengendara pada waktu beradadalam kondisi macet di medan tanjakan. Penerapannya yaitu dengan memainkan remsecara otomatis untuk mencegah mobil mundur ke belakang pada saat kaki pengendaraberpidah letak dari pedal rem ke pedal gas. Dengan begitu maka mobil dapatdengan gampang melaju ke depan tanpa harus kuatir mundur ke belakang meskipunberada di tanjakan yang curam.

penerapan hill-start assist pada mobil
Penerapan Hill-Start Assist dalam mobil
Lantasbagaimana sistem ini sanggup bekerja? Cara kerja dari sistem HSA adalah denganmenggunakan sistem komputerisasi yg canggih buat mengukur kemiringan bodymobil saat macet di tanjakan. Setelah itu pada kondisi kemiringan yangterdeteksi maka sistem akan siaga menunggu pengendara melepaskan pedal rem.ketika pedal rem dilepas, sistem beserta sigap mengaktifkan rem secara otomatisuntuk mencegah mobil mundur ke belakang. Dan pada waktu pengendara telah menginjakpedal gas maka sistem secara otomatis akan melepaskan rem. Biasanya selangwaktu maksimal yg diberikan sistem HSA untuk mengaktifkan rem secara otomatisadalah sekitar 2-3 dtk.

Sekianpembahasan singkat tentang sistem HSA (Hill-Start Assist) yg dapat kamisampaikan. Jika artikel ini membantu, silakan buat di share serta semogabermanfaat.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain. Terima kasih.

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
Marfilius